Saturday, February 6, 2016

4 Hal Penting Tentang Surat Lamaran Kerja Agar Diterima Oleh Perusahaan

Persaingan dalam dunia kerja pada saat ini sangat tinggi, karena hal ini di sebabkan dengan sedikitnya perusahaan yang membuka lowongan kerja dan bertumpuknya para pelamar kerja sehingga di perlukan kegigihan dan kekreatifan untuk bersaing dengan pelamar lain sebagai kunci keberhasilan mendapatkan suatu pekerjaan.

Sebagai awal dalam melamar pekerjaan tentunya adalah membuat surat lamaran kerja.

Cara membuat surat lamaran kerja pada dasarnya memanglah mudah, kita hanya mencari tahu contoh surat lamaran kerja orang lain, lalu kita salin dan ubah biodatanya dengan biodata kita sendiri.

Namun peluang untuk dapat diterima oleh perusahaan sangatlah kecil.

Karena belum tentu surat lamaran kerja yang kita salin dari orang lain memiliki hal - hal penting yang dapat menarik perusahaan yang kita lamar.


Lalu apa saja hal penting dalam membuat surat lamaran kerja agar dapat menarik perusahaan?

Secara garis besar surat lamaran kerja terbagi 2 macam yaitu surat lamaran kerja berdasarkan iklan atau sumber tertentu dan surat lamaran kerja atas inisiatif sendiri.

Surat lamaran kerja termasuk kategori surat resmi / dinas sehingga dalam penulisannya pun memerlukan aspek - asperk tertentu yang mesti di perhatikan.

Surat lamaran kerja yang di sukai oleh perusahaan atau instansi sekurang - kurangnya mempunyai Aspek sebagai berikut :

1. Struktur penulisan yang benar, rapih dan sesuai

Struktur penulisan surat lamaran kerja

Banyak sekali struktur penulisan pada surat resmi namun khusus pada surat lamaran kerja struktur penulisannya harus singkat tetapi jelas arahnya seperti :
  1. Tanggal dan tempat penulisan, 
  2. Perusahaan yang di tujukan beserta alamat yang lengkap
  3. Isi pembukaan (biasanya referensi atau sumber dimana kamu mendapat informasi lowongan kerja)
  4. Biodata pelamar seperti nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, dan pendidikan terakhir si pelamar tersebut.
  5. Penjelasan tentang skill dan pengalaman si pelamar
  6. Lampiran berkas - berkas pelengkap tentang si pelamar. Jenisnya apa saja? bisa dilihat pada gambar contoh surat lamaran kerja yang tertera diatas.
  7. Penutup beserta tanda tangan si pelamar.
Jika ingin lebih jelas lagi bisa baca juga Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Dari NOL

2. Mempunyai Bahasa Penulisan yang Menarik

Penulisan yang Menarik Surat Lamaran Kerja

Menarik disini adalah membuat pembacanya tertarik dengan bahasa penulisannya yang mudah di cerna dan tidak bertele - tele langsung to the point posisi yang si pelamar inginkan apa? punya skill dan pengalaman apa sih sehingga si pelamar ingin posisi tersebut.

Patut di ingat dalam penjelasan pengalaman, hindari dari penulisan seperti bercerita apalagi sampai seperti curhat tentang kesusahan hidup kamu, yang ada bukannya di terima kerja tapi perusahan akan membalas surat lamaran kerja kamu dengan kata TURUT BERDUKA CITA hehe~.

Jadi, saya tegaskan kembali bahasa penulisan yang menarik disini tidak keluar dari bahasa resmi cuman lebih ke bahasa yang lebih friendly dan santun. Baik kita ke aspek selanjutnya,

3. Penggambaran Kemampuan Pelamar

Penggambaran Kemampuan Pelamar Surat Lamaran Kerja

Pada aspek ini masih berhubungan dengan penjelasan aspek yang di atas dimana penggambaran tentang kemampuan si pelamar haruslah singkat, padat dan di ikuti oleh beberapa lampiran sebagai bukti nyata tentang kemampuan yang kamu miliki seperti sertifikat, piagam penghargaan, dan yang lainnya.

Saya beritahukan, dari hasil pengalaman saya dan teman saya yang sudah bekerja bahwa perusahaan itu menyukai pelamar yang mempunyai karakter apa adanya dan tidak terkesan seperti mengada - ngada. Seperti itu! Next ke aspek yang terakhir.

4. Tepat Sasaran

Sasaran Surat Lamaran Kerja

Artinya, si pelamar haruslah mengajukan posisi sesuai dengan skill dan bidang yang di miliki pada surat lamaran kerja.

Lihat dan cermati sumber dari mana kamu mendapatkan informasi lowongan kerja seperti, apa yang perusahaan butuhkan? lulusan apa yang di inginkan perusahaan tersebut? posisi apa yang di butuhkan perushaan tersebut? lalu apa saja syarat yang di informasikan perusahan tersebut?

Hindarilah pengajuan surat lamaran kerja jika perusahaan tersebut membutuhkan lulusan S1/D3 sedangkan kamu lulusan  SMA atau SMP. Apalagi sampai seperti ini, Perusahaan tersebut membutuhkan wanita lah sedangkan kamu Laki - laki. Please deh jangan memaksakan kehendak! Carilah pekerjaan sesuai skill dan pengalaman yang kamu miliki dan jangan memaksakan kehendak hehe~.

Sebagai bahan referensi untuk pembuatan surat lamaran kerja, silahkan kamu bisa download contoh surat lamaran kerja di bawah ini yang telah saya buat berdasarkan pemahaman yang sudah saya jelaskan tadi di atas.
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan File Document MS.Word [KLIK DISINI]

Semua penjelasan di atas tentang surat lamaran kerja berdasarkan pengalaman pribadi saya dari survei yang saya lakukan dan juga dari informasi teman saya yang sudah bekerja di beberapa perusahaan atau instansi juga dari beberapa sumber. Mohon maaf apabila dalam penulisannya di bumbui dengan sedikit humor biar tidak kaku heheee~.

Jikalau kamu memerlukan jasa pembuatan surat menyurat saya juga siap untuk membantu tentunya dengan ongkos anak sekolahaan hehee ~.

Artikel ini masih jauh dari kesempurnaan oleh karena itu saya membuka semua saran dan kritik membangun demi perbaikan diwaktu kedepannya atau sekedar untuk memberikan penambahan atas penjelasan di atas.

Maka dari itu silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan pembahasan di atas tentang Surat Lamaran Kerja.

Bagikan

Jangan lewatkan

4 Hal Penting Tentang Surat Lamaran Kerja Agar Diterima Oleh Perusahaan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Facebook Comment

2 komentar

Tulis komentar
avatar
February 12, 2016 at 4:07 AM

recomnended bgt gan. jdi ga bingung lagi mau bkin lamaran yg bgus.he
thanks referensi ny gan.!

Reply
avatar
February 12, 2016 at 4:15 AM

Iya bro thanks juga sudah mau membaca. tetap semangat ya bro!

Reply

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>